Cara Mudah Take Over Kredit Mobil Bank Mandiri, Solusi Anggaran Terbatas

Cara Mudah Take Over Kredit Mobil Bank Mandiri

Saat menginginkan mobil namun dana yang dimiliki terbatas, maka Anda dapat memilih take over kredit mobil bank Mandiri sebagai solusinya. Sistem ini adalah kondisi dimana mobil yang belum lunas mobilnya dapat dilanjutkan orang lain karena pemiliknya tidak dapat melunasi kredit.

Anda dapat memilih yang cara pembuatannya kredit mobil lewat bank Mandiri dan melanjutkan cicilannya. Cara ini memungkinkan Anda mendapatkan mobil dengan mudah dan murah karena tidak perlu membayar secara cash.

Anda dapat menyimak uraian dari domain.com kali ini agar mendapatkan gambaran yang jelas sebelum mulai mencobanya.

Cara Mudah Take Over Kredit Mobil Bank Mandiri

dilakukan dengan cara sembarangan. Ada sejumlah tata cara yang harus dipenuhi agar dapat berjalan dengan lancar. Setelah menemukan orang yang hendak melakukan take over kredit, naka sebaiknya berdiskusi dahulu sebelum menemui pihak bank.

Bicarakan dengan baik mengenai harga jual serta uang pengganti mobilnya, down payment, asuransi mobil dan administrasi take over. Seandainya terdapat denda dalam angsuran sebelumnya maka alangkah baiknya kalau penjual menyelesaikannya terlebih dahulu.

Karena hal tersebut merupakan kelalaian dari pemilik sebelumnya, sehingga ketika keuangan pengganti telah selesai, baik pembeli maupun penjual dapat langsung bertemu pihak bank untuk melakukan over kredit.

Langkah-langkah untuk melakukan take over adalah sebagai berikut:

Menghubungi kantor cabang

Langkah yang pertama  penjual dan pembeli mobil dapat langsung menghubungi kantor cabang bank mandiri. Dimana penjual melakukan proses kredit mobil tersebut, kemudian sampaikan maksud dan tujuannya untuk mendapatkan  informasi mengenai persyaratan yang harus dilengkapi.

Mencari tahu sisa pokok pinjaman

Kemudian jangan lupa untuk mencari tahu nilai angsuran, waktu pelunasan dan denda angsuran yang harus dibayarkan. Tanyakan juga mengenai berapa biaya yang harus dibayarkan kepada bank sebagai biaya take over ini.

Baca Juga :   Aplikasi Terjemahan di PC yang Terbaik dan Gratis

 Menunggu perhitungan simulasi cicilan

Setelah itu pihak bank biasanya akan segera menghitung simulasi cicilan sesuai dengan kemampuan finansial pembeli yang baru. Pada tahapan ini biasanya bank akan mematok cicilan sebesar 35% dari penghasilan pembeli.

Melampirkan persyaratan

Kemudian juga ada beberpa persyaratan yang harus dilampirkan, yaitu:

  • Dokumen berisi KTP dan KK
  • Rekening listrik atau PBB, rekening telepon dan rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Slip gaji dan NPWP.
  • Lampiran keterangan kredit yang bersih dari BI Checking SLik OJK.

Menandatangani dokumen

Setelah semua mulai diproses maka biasanya pihak bank akan melakukan survey pada calon pembeli baru. Jika ternyata kredit sudah disetujui, maka pembeli akan menandatangani sejumlah dokumen seperti akad kredit baru, biaya mengurus di notaris, dan biaya dari asuransi kredit. Baca juga Aplikasi penghasil saldo dana.

Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Takeover Kredit Mobil

Keuntungan dari melakukan take over kredit mobil di Bank Mandiri adalah harganya yang lebih murah dari pasaran. Selain itu juga periode mencicil mobil juga akan jauh lebih pendek daripada dengan menjadi pembeli pertama.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah premi asuransinya lebih murah karena usia mobil yang masih muda. Sehingga resiko kerusakan akibat usia pemakaian masih minim.

Mengenai kekurangannya adalah tidak adanya jaminan mengenai kualitas mobil yang akan dibeli. Biaya yang dibutuhkan untuk balik nama juga lebih besar, sehingga kalau take over tidak dilakukan dengan benar maka akan berpotensi menimbulkan masalah di masa depan.

Meskipun demikian dibalik kelebihan dan kekurangan yang ada, melakukan take over via bank lebih aman dan legal bagi penjual dan pembeli. Take over kredit mobil bank Mandiri yang dilakukan tanpa sepengetahuan bank oleh penjual dan pembeli adalah tindakan melawan hukum.

Baca Juga :   Cara Mengatur Kecerahan Foto di Photoshop

Related posts